– PT KAI Daop 2 Bandung telah mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan penumpang pada masa libur panjang (long weekend) memperingati Hari Raya Waisak yang jatuh pada Senin, 12 Mei 2025. Untuk itu, KAI Daop 2 Bandung telah menyiapkan 125 ribu tempat duduk, tepatnya sebanyak 124.703 tempat duduk.
Jumlah itu yakni untuk layani masyarakat yang akan bepergian menggunakan kereta api disaat long weekend Hari raya Waisak. Jumlah ini disiapkan untuk periode 5 hari, mulai Jumat, 9 Mei hingga Selasa, 13 Mei 2025.
Siapkan Tempat Duduk dan KA Lodaya Tambahan
Tak hanya menyiapkan tempat duduk, namun KAI Daop 2 Bandung pun telah mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan penumpang long weekend Hari Raya Waisak. Untuk itu, KAI Daop 2 Bandung telah menyediakan kereta api tambahan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Manager Humas Daop 2 Bandung, Kuswardojo, menjelaskan bahwa jumlah tempat duduk ini disiapkan untuk mengakomodir kemungkinan adanya lonjakan jumlah pelanggan yang kami prediksi akan terjadi pada masa libur panjang kali ini.
"Kami memprediksi akan terjadi peningkatan jumlah penumpang pada libur Hari Raya Waisak tahun ini. Maka kami antisipasi kenaikan volume penumpang itu dengan memaksimalkan perjalanan KA reguler dan mengoperasikan KA tambahan,” terang Kuswardojo.

Menurut Kuswardojo, pada masa libur panjang ini, Daop 2 Bandung pun meluncurkan Kereta Api Lodaya Tambahan dengan relasi Bandung – Solo Balapan (PP) selama 3 hari, mulai 11 Mei hingga 13 Mei 2025 dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Bandung pukul 10.10 WIB dan tiba di Stasiun Solo Balapan pukul 18.50 WIB.
KA Lodaya Tambahan ini, tutur Kuswardojo diharapkan dapat menjadi alternatif bagi penumpang yang hendak bepergian ke arah Provinsi DIY, Jawa Tengah, dan sekitarnya. “Pokoknya kami layani para calon penumpang dengan maksimal,” tegas Kuswardojo.
Ditambahkan Kuswardojo, update hingga hari ini dari 124.703 tempat duduk yang disediakan, tercatat 101.442 tiket telah terjual atau sekitar 82% dari total tempat duduk yang tersedia. Dengan tingkat okupansi mencapai 82%.
Daop 2 Bandung mengimbau masyarakat yang berencana bepergian menggunakan kereta api untuk segera melakukan pemesanan tiket agar tidak kehabisan tiket yang diinginkannya terutama untuk jadwal keberangkatan favorit. Juga agar datang lebih awal ke stasiun tentu agar tidak tertinggal perjalanan yang sudah di rencanakan sebelumnya," tutup Kuswardojo.
"Pastikan perjalanan anda menggunakan jasa layanan kereta api menjadi perjalanan yang aman, nyaman, dan menyenangkan. Tentu dengan mematuhi segala aturan yang berlaku baik di stasiun maupun didalam kereta api dan juga dengan memastikan kondisi kesehatan sebelum melakukan perjalanan,” beber Kuswardojo.
Informasi terkait perjalanan kereta api dapat diakses melalui layanan Contact Center KAI 121 melalui telepon 121/(021) 121, WhatsApp 0811-1211-1121, email cs@kai.id, atau media sosial resmi KAI.

Selain itu, Kuswardojo pun menegaskan bahwa penambahan perjalanan kereta api ini bertujuan untuk memberikan layanan optimal kepada pelanggan. Penambagan itu, kata Kuswardojo terutama bagi pelanggan yang hendak bepergian pada libur panjang, sekaligus mendukung mobilitas masyarakat dengan transportasi masal yang aman, nyaman, dan tepat waktu.
“Kami menyiapkan perjalanan KA Lodaya Tambahan untuk relasi Bandung – Solo Balapan (PP) pada periode libur panjang Hari Raya Waisak. Hal ini untuk mengakomodir tingginya jumlah pelanggan yang kami prediksi akan meningkat,” ujar Kuswardojo.***
0 Comments
Posting Komentar